Custom Search

Apa topik yang terbaik untuk blog anda?

| Dec 3, 2008

Bayangkan anda tanpa sengaja mengunjungi sebuah blog, melihat desainnya yang menarik dan berkata "pasti isi blog-nya juga oke nih". Tetapi ternyata anda kecewa ketika melihat bahwa blog tersebut hanya berisi copy paste dari blog/web lain. Anda pasti tidak akan tergoda dan langsung beralih membaca email saja.
Walaupun pengunjung blog terkagum-kagum akan desain suatu blog, tapi posting dari blog tersebut tidak menarik maka mereka akan pergi. Kenapa? karena dalam suatu blog/web "Content is King".

Ada beberapa tips untuk memilih topik yang sesuai untuk anda :
  1. Pilih topik yang dapat membuat anda terus menulis walapun tidak dibayar. Ini penting, karena orang tidak akan meneruskan blognya jika tidak dibayar.
  2. Pilihlah topik yang paling anda kuasai, cara tergampang adalah dengan menulis apa yang anda lakukan setiap hari yang berhubungan dengan profesi anda.
  3. Pilihlah satu atau beberapa topik yang saling berkaitan dan fokuslah pada topik tersebut, dengan begini pembaca akan lebih terfokus dalam mendapatkan informasi dan akan kembali lagi untuk mengambil informasi lainnya.
  4. Jangan tergoda untuk memulai blog baru sebelum blog pertama anda menemukan ketenaran. Semua blogger pada awalnya pastilah Nol besar.
  5. Jangan menulis hal-hal yang terlalu pribadi, kecuali anda seorang selebriti atau orang yang narciz.
  6. Tentukan apakah blog anda "made in Indonesia" atau "made for the world", jika made in Indonesia cukup menggunakan bahasa indonesia, tapi jika for the wolrd, please use english only.
Jika anda berfikir dan merasa khawatir blog anda berisi topik yang kurang menguntungkan, pikirkan mengenai tuneup dan promosi terhadap pengunjung anda nantinya.

0 comments:

Post a Comment

Terserah kepada anda sekalian untuk berkata-kata ...